Pengaruh BCG terhadap Peningkatan IL-2 serta Respons Radiasi Histologi pada Penderita Karsinoma Serviks Uteri Stadium IIB IIIB yang Mendapat Kemoradiasi

MIRZA ISKANDAR* -  , Indonesia

DOI : 10.33371/ijoc.v6i1.155

Karsinoma serviks uteri (KSU) merupakan kanker kedua terbanyak pada wanita di seluruh dunia. Sampai saat ini, terapi pilihan utama KSU adalah operasi, radiasi, dan kemoterapi. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian imunomodulator seperti vaksin BCG dapat meningkatkan respons terapi kanker, tetapi penggunaan vaksin BCG sebagai terapi KSU belum pernah diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menilai respons histopatologi dan respons klinik penderita KSU yang mendapat kemoradiasi dan BCG dibandingkan dengan yang hanya mendapat kemoradiasi.

Metode: Penelitian uji eksperimental acak buta ganda dilakukan di RSUP Dr. Kariadi, Semarang, dengan kriteria inklusi adalah KSU stadium IIB-IIIB dengan gambaran skuamus sel karsinoma. Subjek dilakukan biopsi, pemeriksaan histopatologi, imunohistokimia (IL2), dan secara random dibagi menjadi kelompok BCG serta kontrol. Respons histopatologis dinilai dua minggu setelah kemoradiasi, sedangkan respons klinik dinilai 4 bulan setelah kemoradiasi. Perbedaan rerata antar 2 kelompok diperiksa dengan tes t tidak berpasangan, sedangkan respons sebelum dansesudah pemberian BCG serta kemoradiasi dengan test berpasangan.

Hasil: dari 87 subjek, 77 di antaranya menyelesaikan protokol penelitian (BCG 35; plasebo 42). Setelah kemoradiasi, IL-2 kelompok BCG (20,46%) lebih tinggi secara bermakna dibandingkan kontrol (13,48%). Tidak didapatkan perbedaan respons histopatologi (p=1,000) dan klinik (p=0,437). Respons histopatologik yang baik didapatkan pada 52 subjek, tetapi tidak didapatkan perbedaan parameter imun seluler antara kelompok respons histoptologi baik dan jelek.

Kesimpulan: vaksin BCG yang diberikan pada penderita KSU stadium IIBIIIB sebelum dilakukan kemoradiasi meningkatkan IL-2 dan cenderung meningkatkan imunitas seluler, tetapi tidak meningkatkan respons histopatologi.

Kata kunci: kanker serviks, BCG, IL-2

Full Text:
Article Info
Submitted: 2014-10-16
Published: 2012-03-31
Section: Research Articles
Article Statistics: 76 54