Proporsi Kejadian Depresi Pasien Kanker di Ruang Rawat Singkat Rumah Sakit Kanker Dharmais

NATA LUGITO, BIRRY KARIM, DOLLY DOLVEN KANSERA, EKA WIDYA KHORINAL, RIZKI YARUNTRADHANI, NOORWATI SUTANDYO

Abstract


Tujuan: mendapatkan data tentang proporsi kejadian depresi serta faktor yang berhubungan pada pasien kanker di ruang rawat singkat Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Metode: studi potong lintang dilakukan terhadap 26 pasien dewasa ruang rawat singkat Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD) untuk menentukan proporsi kejadian depresi dan faktor yang mungkin berhubungan. Data demografik meliputi nama, usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan, pendidikan, status pernikahan, dan pembiayaan. Data yang berhubungan dengan kanker meliputi jenis kanker, lama terdiagnosis kanker, kemoterapi, dan terapi lainnya (pembedahan dan radioterapi). Depresi dievaluasi menggunakan Beck Depression Inventory (BDI).

Hasil: diperoleh 26 pasien kanker. Proporsi pasien yang mengalami depresi ambang, sedang, dan berat sebesar 13,1%; dan tidak ada pasien yang mengalami depresi sangat berat. Proporsi kejadian depresi lebih tinggi pada pasien dengan pembiayaan jaminan, sudah pensiun bekerja, dan menjalani pembedahan.

Kesimpulan: proporsi kejadian depresi di Rumah Sakit Kanker Dharmais sebanding dengan berbagai studi. Perlu dilakukan penapisan gejala depresi pada pasien kanker sebagai bagian penatalaksanaan kanker secara holistik serta rujukan untuk pasien dengan risiko tinggi menderita depresi dalam usaha menurunkan morbiditas, perbaikan luaran penyakit, penghematan biaya kesehatan, dan peningkatan kualitas hidup pasien.

Kata Kunci: Beck Depression Index (BDI), depresi, kanker


Full Text: Untitled

DOI: 10.33371/ijoc.v6i2.183

Article Metrics

Abstract view : 244 times
Untitled - 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Indonesian Journal of Cancer