Perawatan Paliatif di Puskesmas Balongsari Surabaya: Upaya Mendekatkan Layanan Rawat Jalan Kepada Pasien Kanker Stadium Lanjut

Maya Syahria Saleh, Thoms Danantosa, Chandra Kusumawardhani

Abstract


Sejak tahun 2007, telah dibuka sebuah poli klinik paliatif di Puskesmas Balongsari Surabaya. Poli klinik Paliatif ini diperuntukkan pasien-pasien kanker stadium lanjut di daerah Tandes dan sekitarnya yang sudah tidak akan memperoleh tindakan kuratif lagi di rumah sakit atau memiliki kesulitan untuk berangkat ke rumah sakit. Adanya program ini memungkinkan pasien-pasien tersebut dapat memiliki kualitas hidup yang baik dan dapat meninggal dengan tenang dan dalam iman (sesuai dengan falsafah paliatif).

Poli klinik Paliatif Puskesmas Balongsari terdiri dari tenaga-tenaga medis terlatih seperti dokter, apoteker, ahli

fizi dan perawat yang terus memperoleh peningkatan ilmu melalui bed side teaching oleh tim dokter dari Pusat engembangan Paliatif dan Bebas Nyeri (P3BN) Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya dibawah supervisi dokter-dokter paliatif dari Edith Cowan University, Perth, Australia. Kegiatan yang dilakukan adalah perekrutan serta pelatihan relawan Paliatif, Palliative Home Care, Family Gathering dll.

Kata kunci: perawatan paliatif, puskesmas Balongsari, pasien kanker

Full Text: Untitled

DOI: 10.33371/ijoc.v2i1.35

Article Metrics

Abstract view : 870 times
Untitled - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Indonesian Journal of Cancer