Peran CT Scan dalam Penilaian Timoma

Aziza Icksan* -  , Indonesia
Maryastuti - -  , Indonesia
Elisna Syahruddiin -  , Indonesia
Heriawati Hidayat -  , Indonesia
Agung Wibawanto -  , Indonesia

DOI : 10.33371/ijoc.v2i2.43

Timoma merupakan neoplasma epitelial kelenjar timus yang paling sering ditemukan di mediastinum anterior, pada usia dekade keempat sampai dengan keenam dan memiliki predileksi yang hampir sama antara laki-laki dan perempuan.

Lokasi, morfologi dan ada/tidaknya invasi tumor pada pencitraan radiologis dapat membantu mengarahkan diagnosis. Pemeriksaan tomografi komputer toraks dengan kontras (enhanced chest CT scan) berperan besar dalam menilai morfologi dan menentukan stage timoma.

Laporan kasus ini menampilkan seorang laki-laki 59 tahun yang datang dengan keluhan utama suara serak, batuk lama dan sesak napas. Pada pemeriksaan foto toraks didapatkan gambaran massa mediastinum, dan pada pemeriksaan CT scan toraks dengan kontras ditemukan massa mediastinum anterior yang telah menginvasi perikardium dan pleura. Hasil temuan sitopatologi TTNA dengan tuntunan CT scan sesuai dengan timoma tipe campuran. Clinical stage menurut Masaoka sesuai dengan timoma stadium IVA. Pada kasus ini surgical stage sesuai dengan clinical stage. Islamun hasil histopatologi pasca bedah sedikit berbeda dengan hasil sitopatologi TTNA, yaitu karsinoma timik.

Kata kunci: timoma, foto toraks, CT scan toraks dengan kontras
Full Text:
Article Info
Submitted: 2014-10-15
Published: 2008-07-01
Section: Research Articles
Article Statistics: 341 120